ANALISIS PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RUMAH KAYU MANADO PADA PT. WOLOAN PERMAI PERKASA

Authors

  • Friska Stella Pantow Universitas Sam Ratulangi
  • W.J.F Alfa Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W.J Tumiwa Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20321

Abstract

 Abstrak: Kebutuhan primer manusia, salah satunya adalah kebutuhan akan papan untuk membuat tempat tinggal oleh karena adanya kebutuhan akan tempat tinggal, ini dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat di kelurahan Woloan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara untuk membuat rumah kayu tradisional khas Manado yang bertipe pendek dan tipe panggung. Pemasaran relasional atau relationship marketing merupakan strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengenal dan melayani pelanggan berharga mereka dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran relasional berhubungan dengan loyalitas pelanggan pada PT. Woloan Permai Perkasa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Dalam penelitian kualitatif populasi dan sampel dalam penelitian yang diambil disebut informan, informan penelitian ialah orang yang benar-benar tahu mengenai perusahaan dan yang terlibat langsung dengan permasalahan peneliti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan meotede analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa berdasarkan wawancara yang  di lakukan, pemasaran relasional berhubungan dengan loyalitas pelanggan sehingga menciptakan  pembelian secara berulang-ulang dan menjadikan pelanggan loyal terhadap perusahaan. Sebaiknya pihak perusahaan memperbaiki pelayanan khususnya dalam hal ketepatan waktu yang sudah disepakati sejak awal penandatanganan kontrak dengan cara memilih-milih tukang kayu yang handal dan profesional.

 

Kata Kunci :  pemasaran relasional dan pelayanan

Author Biographies

Friska Stella Pantow, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

W.J.F Alfa Tumbuan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Imelda W.J Tumiwa, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-19