PENGARUH KOMUNIKASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SERTA BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR KECAMATAN SE KOTA KOTAMOBAGU.
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20703Abstract
Abstrak : Tenaga kerja atau pegawai sebagai sumber daya manusia merupakan bagian terpenting yang dibutuhkan oleh instansi agar dapat bekerja secara maksimal untuk mencapai tujuan. Sumber daya manusia yang berkualitas akan tercapai apabila kepuasan kerja pegawai diperhatikan oleh instansi yang nantinya juga akan menciptakan komitmen pada pegawai. Persoalan yang ada adalah bagaimana menciptakan manajemen yang baik dan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan serta Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasi dan dampaknya pada Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Kecamatan se Kota Kotamobagu. Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan se Kota Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini variabel Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi dan Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Komitmen Organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Kerja sedangkan Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Instansi Pemerintahan Kota Kotamobagu pada tingkat kecamatan dalam meningkatkan Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja pegawai sebaiknya memperhatikan faktor – faktor lain selain Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi.
Â
Kata Kunci : komunikasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi, komitmen organisasi, kepuasan kerja
Â