PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI PT. HASJRAT ABADI RANOTANA

Authors

  • Calvin L. Wangarry Universitas Sam Ratulangi
  • Altje . Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Merlyn M. Karuntu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20935

Abstract

Abstrak: Persaingan bisnis yang semakin ketat di  zaman sekarang ini, setiap perusahaan di tuntut untuk mampu bersaing dan mengatur strategi pemasaran yang tepat. Pemasaran merupakan salah satu faktor yang terpenting untuk menunjukan perusahaan khususnya perusahaan yang bergerak dalam bidang barang dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Metode yang digunakan adalah asosiatif. Populasi penelitian yaitu 2403. Sampel yang digunakan 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil Analisis secara simultan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial bauran pemasaran yang terdiri dari  harga dan promosi berpengaruh signifikan sedangkan produk dan tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Bagi perusahaan PT. Hasjrat Abadi Ranotana Manado, untuk tetap mempertahankan merek Yamaha yang ada, karena merek Yamaha sudah dikenal oleh semua kalangan  masyarakat, serta harga yang di tawarkan agar tetap selalu stabil, agar supaya harga yang ditawarkan dapat selalu diterima di pasaran dan bisa saling menguntungkan bagi pihak perusahaan.

Kata Kunci : bauran pemasran, produk, harga, promosi, tempat dan keputusan pembelian

Author Biographies

Calvin L. Wangarry, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Altje . Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Merlyn M. Karuntu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-10-08