STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK KPR BNI GRIYA

Authors

  • Sandy Wulan Karamoy Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2105

Abstract

Penentuan segmen pasar sangat penting dalam mengenali calon  nasabah dan memastikan siapa yang potensial menjadi nasabah. Segmentasi ini dapat dibagi berdasar lokasi, usia, jenis kelamin, tingkat penghasilan, kebiasaan dan sebagainya. Penentuan targeting sangat tergantung dari hal-hal seperti karakter produk, karakter segmentasi, dan tingkat persaingan pada segmen yang sudah dipilih. Targeting ini menentukan kepada siapa target market dari suatu produk, apakah kepada semua orang, sebagian orang atau orang-orang tertentu yang memiliki kekhususan. Positioning merupakan suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai di mana konsumen di dalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya.  Keputusan pembelian adalah tindakan konsumen dalam usaha memenuhi keinginan dan kebutuhan yang merupakan proses penentuan sikap atau pembelian terhadap barang dan jasa.

Kata kunci: segmentasi, targeting, positioning, keputusan pembelian.

Author Biography

Sandy Wulan Karamoy, Universitas Sam Ratulangi Manado

Program Pascasarjana, Magister Manajemen

Downloads

Published

2013-07-28