PENGARUH INOVASI PRODUK, TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MOTOR SUZUKI (Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab.Malalayang)

Authors

  • Angelita Elisabeth Salindeho Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21334

Abstract

Abstrak: Kinerja pemasaran merupakan ukuran dari keseluruhan aktifitas proses pemasaran dari sebuah perusahaan atau organisasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran, namun peneliti hanya memilih 3 (tiga) variable yaitu :inovasi produk, tempat dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, tempat dan promosi terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian assosiatif dan teknisanalisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable inovasi produk dan variable promosi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan secara simultan, variable inovasi produk, tempat dan promosi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Sebagai saran bagi pihak perusahaan PT. Sinar Galesong Mandiri untuk dapat memikirkan tempat penjualan karena dalam penelitian ini didapatkan variabel tempat tidak berpengaruh signifikan  terhadap kinerja pemasaran, sehingga manajemen dapat memikirkan untuk memperluas jaringan atau tempat penjualan, perawatan dan suku cadang.

Kata Kunci: kinerja pemasaran, inovasi produk, tempat, promosi.

Author Biographies

Angelita Elisabeth Salindeho, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-10-25