ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSE, CITRA MEREK DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA ALL NEW SIENTA DI MANADO

Authors

  • Cynthia G. Pangemanan Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth . Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Christy N. Rondonuwu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21452

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh dari Celebrity endorse, Citra Produk, dan Persepsi Nilai dapat mempengaruhi keputusan pembelian dari pemilik mobil Toyota All New Sienta di Manado. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis regresi linier berganda, peneliti menemukan bahwa ketiga variable independent (Celebrity Endorse, Citra Merk, Persepsi Nilai) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan dengan koefisien determinasi sumbangan pengaruh sebesar 93,2%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa pengguaan artis masih memiliki pengaruh yang cukup besar walaupun dalam penelitian ini persepsi nilai merupakan pemeran utama karena memiliki koefisien regresi terbesar (0,975) yang merupakan kewajaran mengingat nama besar Toyota sebagai produsen mobil ternama. Peneliti menyarankan agar pihak Toyota tetap menggunakan Celebrity Endorse dalam mengiklankan produk – produknya serta menitik beratkan pada penjelasan mengenai fitur – fitur yang dimiliki mobil yang di iklankan.

 

Kata Kunci: celebrity endorse,  citra merek, persepsi nilai, keputusan pembelian. 

Author Biographies

Cynthia G. Pangemanan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Lisbeth . Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Christy N. Rondonuwu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-10-30