PENGARUH NILAI PELANGGAN, PENGALAMAN PEMASARAN, DAN PSIKOLOGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. HASJRAT ABADI

Authors

  • Jilly C. Panambunan Universitas Sam Ratulangi
  • Willem J. F. A. Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Bode . Lumanauw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21908

Abstract

Abstrak: Perkembangan informasi dan pertumbuhan teknologi saat ini menyebabkan persaingan antar perusahaan otomotif menjadi semakin ketat. Produsen membuat konsumen lebih pintar membanding-bandingkan produk sebelum memilih dan membeli produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Munculnya para pesaing dalam penjualan sepeda motor, perusahaan diminta agar bisa menciptakan nilai pelanggan, pengalaman pemasaran, dan psikologi pemasaran dalam produk tersebut agar konsumen merasakan kepuasan ketika membeli produk di PT. Hasjrat Abadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, pengalaman pemasaran, dan psikologi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di PT. Hasjrat Abadi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai pelanggan, pengalaman pemasaran dan psikologi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima. Manajemen PT. Hasjrat Abadi sebaiknya memperhatikan nilai pelanggan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan, menambah nilai manfaat pada saat pembelian atau penggunaan motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi.

 

Kata Kunci: nilai pelanggan, pengalaman pemasaran, psikologi pemasaran, kepuasan Pelanggan

 

Author Biographies

Jilly C. Panambunan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Willem J. F. A. Tumbuan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Bode . Lumanauw, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-17