PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KERAGAMAN PRODUK DAN CITRA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MATAHARI MEGA MALL MANADO

Authors

  • Yulianti . Ogi Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Supandi Universitas Sam Ratulangi
  • Jopie . Rotinsulu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21920

Abstract

Abstrak: Perkembangan ekonomi dunia berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan ditandai adanya usaha-usaha di bidang  fashion yang semakin banyak bermunculan. Peran yang sangat penting dalam perekonomian serta pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam hal ini yaitu Departement Store. Pertumbuhan industri Departement Store cukup pesat mulai dari tahun 1962 tercatat sampai saat ini sekitar 300 gerai. Salah satunya usaha Departement Store yang dulu hingga sekarang selalu menjadi pilihan utama yaitu Matahari Departement Store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, keragaman produk dan citra berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan  adalah asosiatif. Populasi adalah konsumen yang berkunjung di Matahari Mega Mall Manado. Pengumpulan data melalui servey dari 9.128 konsumen diambil banyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa kualitas pelayanan, keragaman produk dan citra berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Manajemen Matahari sebaiknya memperhatikan citra perusahaan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : kualitas pelayanan, keragaman produk, citra, keputusan pembelian.

Author Biographies

Yulianti . Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Agus S. Supandi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jopie . Rotinsulu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-17