PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI BANK BRI KAMPUS FISIP UNSRAT MANADO).

Authors

  • Pingkan . Gosal Universitas Sam Ratulangi
  • Jantje L. Sepang Universitas Sam Ratulangi
  • Paulina Van Rate Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21930

Abstract

Abstrak: Bank perbankan dewasa ini dituntut untuk terus meningkatkan layanannya, karena kebutuhan, keinginan, tren serta gaya hidup dari nasabah, untuk dapat menghadapi kompetisi yang demikian ini hendaknya bank memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan serviscape terhadap kepuasan  nasabah di Bank BRI Unsrat. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan populasi sebanyak 99 orang dan menggunakan teknik sampling aksidental, dimana saja pun yang kebetulan bertemu dengan peneliti biasa digunakan sebagai sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis linear berganda dengan program computer SPSS 23. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kualitas pelayanan dan pelayanan fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sebaiknya Industri perbankan perlu memperhatikan hasil temuan penelitian ini, dimana dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah di industrinya maka industri perbankan perlu memperhatikan beragam faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah.

 

Kata Kunci : kualitas pelayanan, servicescape, kepuasan nasabah.

Author Biographies

Pingkan . Gosal, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jantje L. Sepang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Paulina Van Rate, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-17