ANALISIS PERBANDINGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COCA-COLA DAN PEPSI COLA : STUDY PADA MAHASISWA FEB UNSRAT
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22346Abstract
Abstrak : Suatu keputusan atau decision melibatkan pilihan antara dua atau lebih alternatif tindakan (perilaku). Setiap konsumen melakukan berbagai macam keputusan tentang pencarian, pembelian, penggunaan beragam produk dan merek pada setiap periode tertentu. Keputusan pembelian merupakan proses dimana pembeli memilih satu dari beberapa pilihan berdasarkan produk atau merek untuk dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan keputusan pembelian produk Coca-Cola dan Pepsi Cola pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian komparatif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan responden sebanyak 97 mahasiswa konsumen Coca-Cola dan Pepsi-Cola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Independet Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keputusan pembelian Coca-Cola dan Pepsi-Cola pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, tidak terdapat perbedaan pemilihan produk, pemilihan brand Coca-Cola dan Pepsi-Cola, perbedaan pemilihan penyalur , jumlah pembelian, dan waktu pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Kedua produk relatif sama baik rasa maupun performa oleh karena itu perlu adanya diferensiasi pada kedua produk ini sehingga konsumen dapat membedakannya.
Â
Kata Kunci: perilaku konsumen, keputusan pembelian