ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT SILOAM GMIM SONDER

Authors

  • Reinold Glory Masinambow Universitas Sam Ratulangi
  • Merlin M. Karuntu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22462

Abstract

Abstrak : Total Quality Management dalam bidang kesehatan mengutamakan pemenuhan kebutuhan kualitas pelayanan dalam bidang kesehatan dengan cara mengadakan perbaikan terus-menerus terhadap seluruh aspek yang ada pada rumah sakit. Penelitian ini bertujuan adalah untuk  mengetahui bagaimana penerapan Total Quality Management (TQM) di Rumah Sakit Siloam GMIM Sonder. Metode analisis yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Total Quality Management pada Rumah Sakit Siloam GMIM Sonder memiliki standard mutu dalam pelayanan yaitu kepuasan pasien. Salah satu cara untuk menilai kepuasan pasien itu kontak saran dan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan standart mutu pelayanan bagi setiap tenaga kesehatan yang akan memberikan pelayanan. Sebaiknya untuk meningkatkan mutu kesehatan di Rumah Sakit Siloam GMIM Sonder memerlukan pendekatan-pendekatan ilmiah seperti konsep-konsep Total Quality Management.

 

Kata Kunci: total quality management

Author Biographies

Reinold Glory Masinambow, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Merlin M. Karuntu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-01-21