STRATEGI PROMOSI, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MOBIL TOYOTA (STUDI PADA KONSUMEN MOBIL TOYOTA DI MANADO)

Authors

  • Gloria J. Tamon Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya . Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy . Wenas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22482

Abstract

 

Abstrak: Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha mendorong para pelaku usaha, baik yang bersifat perseorangan maupun perusahaan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, untuk mencapai keunggulan bersaing terhadap produk-produk kompetitor melalui kebijakan harga, produk, distribusi dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan mobil Toyota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan asosiatif. Sampel adalah pengguna mobil Toyota yang berjumlah 95 orang responden yang di ambil dari populasi yang berjumlah 1.618 orang dengan teknik accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi dan citra merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan dan meningkatkan strategi promosinya agar para pelanggan dapat lebih aktif memberikan respon positif pada produk yang ditawarkan.

 

Kata Kunci : strategi promosi, citra merek, loyalitas pelanggan.

 

Author Biographies

Gloria J. Tamon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya . Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Rudy . Wenas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-01-22