ANALISIS PENGARUH STRATEGI SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN PADA PT. ASTRAGRAPHIA TBK CABANG MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.23605Abstract
Abstrak: Dunia usaha memegang peranan penting dalam pembangunan, baik yang diusahakan oleh pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun yang dilaksanakan oleh pihak swasta. Dalam usaha untuk mencapai tujuan, perusahaan harus mampu menetapkan suatu strategi pemasaran yang tepat. Strategi Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari perusahaan untuk dapat meningkatkan kinerja penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Segmentasi Pasar Geografis dan Demografis. Data yang digunakan adalah data Primer yang diperoleh melalui kuasioner yang diberikan kepada konsumen yang melakukan pembelian produk. Analisis data menggunakan analisa regrsi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel segmentasi pasar geografis dan demografis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Penjualan pada PT. Astragraphia Tbk. Cabang Manado. Sebaiknya perusahaan tetap mempetahankan strategi setiap segmen agar kinerja penjualan tidak mengalami penurunan
Kata Kunci: segmentasi pasar geografis, demografis, psikografis, kinerja penjualan