PENGARUH HUMAN RELATION, JOB SATISFACTION DAN JOB DESCRIPTION TERHADAP KINERJA KARYAWAN MANADO QUALITY HOTEL

Authors

  • Anggia G.C.R Riedel Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P.K Lengkong Universitas Sam Ratulangi
  • Irvan . Trang Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24042

Abstract

Abstrak: Peningkatan kinerja merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh manajemen perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan dan menjaga kelangsungan hidup serta mempertahankan  eksistensi perusahaan dalam persaingan bisnis yang ketat sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Human relation, Job Satisfaction, dan Job Description terhadap kinerja karyawan pada Manado Quality Hotel. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah karyawan yang bekerja di Manado Quality Hotel dan diambil sampel sebanyak 92 karyawan sebagai responden. Analisis data menggunakan teknik statistic seperti uji validitas dan reliabilitas untuk kuisioner, regresi linear berganda dengan uji-F dan uji-t untuk pembuktian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Human Relation, Job Satisfaction dan Job Description berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya, Human Relation, Job Satisfaction dan Job Description secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Manado Quality Hotel hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan Human Relation, Job Satisfaction dan Job Description yang ada dimana akan lebih meningkatkan kinerja karyawan.

 

Kata Kunci : human relation, job satisfaction, dan job description

 

Author Biographies

Anggia G.C.R Riedel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Victor P.K Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Irvan . Trang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-08-28