ATRIBUT PRODUK, PERSEPSI KUALITAS DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO

Authors

  • Norma Fauzia Muhammad Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2551

Abstract

ABSTRAK

Persaingan antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya merupakan hal yang sering terjadi saat ini. Contohnya pada alat transportasi khususnya sepeda motor yang merupakan alat transportasi yang mudah dan murah. Dalam meningkatkan penjualan perusahaan, diperlukan stretegi pemasaran untuk mensukseskan kegiatan pemasaran di perusahaan. Atribut Produk adalah unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Seseorang untuk melakukan keputusan pembelian akan dipengaruhi juga oleh persepsinya terhadap apa yang diinginkan. Konsumen akan  menampakkan perilakunya setelah melakukan persepsi terhadap keputusan apa yang akan diambil dalam membeli produk. Selain persepsi akan muncul pula sikap seseorang dalam menilai suatu objek yang akan diminati dan untuk dimiliki. Sikap sebagai suatu evaluasi yang menyeluruh dan memungkinkan seseorang untuk merespon dengan cara yang menguntungkan atau tidak terhadap objek yang dinilai. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan jumlah populasi sebanyak 1900 responden. Penarikan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menggunakan asumsi klasik menyatakan bahwa data memenuhi normalitas, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas dan tidak terjadi gejala multikolinieritas. Hasil analisis menunjukkan Atribut Produk, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan merek sepeda motor Yamaha Mio pada PT.Hasjrat Abadi Yamaha Bitung.

Kata kunci: atribut produk, persepsi kualitas, sikap konsumen, kesetiaan merek

Author Biography

Norma Fauzia Muhammad, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2013-09-03