PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VAPE DI INSTAGRAM

Authors

  • Stevano C. Tanjaya Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth L. Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25701

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong berkembangnya ilmu pengetahuan yang dapat menciptakan berbagai peluang usaha yang bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian dan mengurangi tingkat pengangguran yang masih tinggi. Penelitian Ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan Dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape Di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Komunitas Vape Di Manado). Pendekatan pada penelitian ini bersifat kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 orang responden menggunakan sampel jenuh. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linear berganda serta pembuktian hipotesis menggunakan uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini antara lain: Kualitas Informasi, Kepercayaan dan Kemudahan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk vape di media sosial instagram. Kualitas Informasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk vape di media sosial instagram, Kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk vape di media sosial instagram, Kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk vape di media sosial instagram. Untuk itu diharapkan hasil temuan ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi dan bahan perbandingan mengenai proses berbelanja secara online dengan proses berbelanja secara offline, mana yang lebih baik dan mana yang lebih menguntungkan bagi konsumen.

 

Kata Kunci: kualitas informasi, kepercayaan, kemudahan, keputusan pembelian

Author Biographies

Stevano C. Tanjaya, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth L. Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakutlas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Hendra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2019-10-16