PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI PT. ASURANSI ASEI INDONESIA CABANG MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25755Abstract
Abstrak: Globalisasi merupakan suatu keadaan yang menuntut dunia bisnis menghadapi persaingan global baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam menghadapi persaingan tersebut perusahaan perlu menentukan strategi yang tepat, karena secara umum perusahaan berusaha untuk bertahan hidup, dapat tumbuh dan berkembang, serta memanfaatkan setiap perubahan dan peluang yang ada. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2019. Hipotesis yang dikemukakan adalah strategi analisis SWOT dapat meningkatkan daya saing PT. Asuransi Asei Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu pengumpulan data untuk di uji hipotesis dan menjawab pertanyaan dari subjek penelitian dengan pengumpulan daftar pertanyaan dalam survei. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah Manager PT. Asuransi Asei Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan wawancara, Studi Lapangan, dan Kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini diketahui posisi perusahaan berada di kuadran I, karena selisih kedua nilai tertimbang positif 0.28 dan 0.57. Dengan demikian perusahaan direkomendasikan untuk menerapkan strategi pertumbuhan. Mengapa strategi bertumbuh ? Alasan logisnya karena berdasarkan hasil analisis matriks EFI dan EFE di atas, nilai EFI = 0.28 dan nilai EFE = 0.57 berarti kedua matriks memiliki nilai di bawah rata-rata yang berarti perusahaan memiliki kelemahan internal dan merespon dengan tidak baik terhadap peluang dan ancaman yang ada. Dan untuk meningkatkan kinerja karyawan sebaiknya dilakukan pelatihan khusus agar supaya lebih mahir dibidangnya.
Kata Kunci : strategi pemasaran, analisis swot, keunggulan bersaing