ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI NEW AYAM BANDUNG RESTO KAWASAN MEGAMAS MANADO

Authors

  • Alicia Jeniver Suawa Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26128

Abstract

Abstrak: Perkembangan zaman dan trend yang terjadi pada masyarakat saat ini mempengaruhi perilaku konsumen dapat dilihat dari pola hidup masyarakat saat ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 30 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.  Hasil penelitian yang didapat (1) faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis secara bersama/simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. (2) faktor budaya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di  New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. (3) faktor sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di  New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. (4) faktor pribadi  tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di  New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. (5) faktor psikologis  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di  New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Bagi pengelola usaha harus selalu memperhatikan dan memahami tentang perilaku konsumen yang sebenarnya dan meningkatkan strategi dalam mengelola usaha guna mencapai keunggulan bersaing.

 

Kata kunci: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelian

Author Biographies

Alicia Jeniver Suawa, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Yunita Mandagie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2019-10-24