PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN ANTARA EXCELSO MANTOS DAN STARBUCKS MANTOS MANADO

Authors

  • Felty Warbung Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26524

Abstract

Abstrak: Semakin berkembangnya perekonomian membawah dampak pada perubahan sosial ekonomi. Perubahan yang cepat membuahkan tantangan dalam dunia bisnis pada unumnya dunia pemasaran khususnya. Peran maneger harus jeli mengembangkan orentasi yang lebih terarah ke mata masyarakat dan menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab sosial yang lebih besar. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan pelayanan khusunya Tangibel (buktinyata), Emphaty (perhatian), Responsivness (daya tanggap), Reliability (kehandalan), dan Assurance (jaminan) di Excelso Mantos dan Starbucks Mantos Manado. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komperatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji. Objek penelitian ini adalah Konsumen Excelso dan Starbucks Mantos Manado. Penulis menggunakan analisis Uji T-Sampel Bebas (Paired Samples Test). Hasil penellitian menunjukkan Sikap Konsumen Excelso dan Sikap Konsumen Starbucks tidak berbeda signifikan. Manajemen perusahaan Excelso dan Starbucks sebaiknya lebih mengembangkan inovasi baru agar konsumen tidak beralih ke cafe lainnya, karena saat ini banyak cafe baru yang ditawarkan.

 

Kata Kunci: tingkat kepuasan excelso dan starbucks

Author Biographies

Felty Warbung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Silcyljeova Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Agus S. Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2019-12-02