ANALISIS PERBANDINGAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE ANTARA BIOSKOP CINEMAXX STAR SQUARE DAN CGV GRAND KAWANUA CITY WALK

Authors

  • Katrina Karixia Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27146

Abstract

Pada era saat ini, banyak perusahaan berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan maupun memberikan kepuasan terhadap konsumen agar dapat menciptakan pelanggan yang loyal. Salah satu bisnis yang bergerak di dunia hiburan adalah industri perfilman seperti bioskop. Bioskop menjadi kebutuhan setiap konsumen sebagai sarana yang dapat memberikan hiburan maupun ketenangan. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bertujuan mengambarkan perbedaan persepsi nilai pelanggan terhadap Bioskop Cinemaxx Star Square dan CGV Grand Kawanua City Walk yang melibatkan 100 penonton bioskop di kota Manado yang pernah menonton pada Cinemaxx Star Square dan CGV Grand Kawanua City Walk. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi nilai pelanggan Cinemaxx dan nilai pelanggan CGV tidak berpengaruh signifikan, yang artinya nilai pelanggan Cinemaxx tidak memiliki perbedaan terhadap nilai pelanggan CGV, homogenitas nilai pelanggan berdasarkan nilai emosional, nilai kualitas dan nilai harga adalah homogeny, sedangkan nilai sosial adalah tidak homogen. Manajemen perusahaan sebaiknya dapat memperhatikan Persepsi Nilai Pelanggan.

 

Kata Kunci: persepsi nilai pelanggan, nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas, nilai harga.

Author Biographies

Katrina Karixia Tumbuan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-01-12