PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN ULP AIRMADIDI
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27352Abstract
Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kunci untuk mendapatkan kinerja terbaik, karena selain menangani masalah ketrampilan dan keahlian, manajemen juga berkewajiban membangun perilaku kondusif karyawan untuk mendapatkan kinerja terbaik dan mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan kinerja karyawan yang baik sehingga perusahaan dapat beroprasi dengan baik dan dapat mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja, komunikasi organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 43 karyawan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas kehidupan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan, komunikasi organisasi dan kepuasan kerja memiliki hasil berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan variabel kualitas kehidupan kerja, komunikasi organisasi dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN ULP Airmadidi.
Â
Kata Kunci :kualitas kehidupan kerja, komunikasi organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan