PENGARUH STORE LOCATION TERHADAP LOYALITAS DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA WHAT’S UP MANADO

Authors

  • Indra P. Limbeng Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce S. L. H. V. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27525

Abstract

Perkembangan dunia usaha di Indonesia semakin lama semakin meningkat, terbukti dari semakin banyaknya perusahaan yang berdiri dan bergerak di berbagai bidang usaha, termasuk didalamnya usaha kuliner seperti bisnis café yang semakin menjamur tiap tahunnya. Store location merupakan salah satu faktor penentu terhadap tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen sehingga terbentuk loyalitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, baik secara simultan dan parsial terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pada What’s Up Manado. Metode dalam penelitian ini adalah asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan pembelian di What’s Up Manado dan sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu insidental sampling. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa lokasi baik secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen.

 

Kata kunci: store location, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Author Biographies

Indra P. Limbeng, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Joyce S. L. H. V. Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen, Fakutlas Ekonomi dan Bisnis

Sjendry S. R. Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2020-01-22