EVALUASI PENERAPAN METODE DIRECT COSTING SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN HARGA PRODUK PESANAN
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2754Abstract
Informasi biaya yang dihasilkan oleh akuntansi biaya merupakan alat yang dipakai oleh manajemen sebagai dasar untuk merencanakan alokasi sumber ekonomi yang dikorbankan untuk menghasilkan keluaran. Dengan informasi biaya memungkinkan manajemen melakukan pengolahan alokasi berbagai sumber ekonomi untuk menjamin dihasilkannya keluaran yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai masukan yang dikorbankan. Dalam direct costing, hanya biaya-biaya produksi variabel saja dibebankan ke dalam harga pokok produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode direct costing dalam penentuan harga produk pesanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan survei lapangan. Hasil dari penelitian yang di dapat bahwa perhitungan dengan menggunakan metode direct costing akan memperlihatkan hasil yang berfrukturasi, yaitu apabila terjadi penjualan yang sangat tinggi maka laba yang dicapai meningkat, sedangkan apabila penjualan menurun, frukturasi ini disebabkan karena tidak ada lagi biaya overhead pabrik tetap yang ditunda pembebanannya, melainkan langsung dibebankan seluruhnya.
Kata kunci: metode direct costing,penentuan harga produk pesanan