PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEPUASAN TERHADAP PENGGUNAAN E-FILING BAGI WAJIB PAJAK DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28041Abstract
Abstrak: E-filing adalah cara untuk menyampaikan SPT Tahunan yang dilakukan secara elektronik secara online langsung dan secara real time melalui internet DJP Online atau halaman penyedia layanan SPT elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi Wajib Pajak orang pribadi dengan penggunaan e-filing khususnya di Kota Batam. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melaporkan pajak dengan menggunakan e-filing. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dalam metode Slovin. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convinience sampling. Alat analisis data yang digunakan untuk menguji hubungan antara variabel dependen dan independen adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) persepsi kegunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan e-Filing; (2) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-Filing; kegunaan persepsi dan kepuasan persepsi layanan secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan untuk efek terhadap penggunaan e-Filing.
Â
Kata Kunci: persepsi, kepuasan layanan, kegunaan, penggunaan e-filing.