PENGARUH CITRA MEREK, PERIKLANAN DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA PT BPR DANA FANINDO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28047Abstract
Abstrak: Bank Dana fanindo harus dapat membuat strategi untuk bersaing guna meningkatkan keputusan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek, iklan, dan persepsi terhadap keputusan pelanggan. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini mengumpulkan sejumlah besar data dari 176 peserta. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik yang menggunakan SPSS 25 untuk mendapatkan yang penting dan mendapatkan hasil yang signifikan. Hasil uji regresi muItiple menunjukkan bahwa variabel citra merek, iklan, dan persepsi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pelanggan berdasarkan hasil persamaan regresi dan dengan nilai R square. Berdasarkan statistik, indikator tersebut valid dan dapat diandalkan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa citra merek, iklan dan persepsi variabel diverifikasi dengan benar mempengaruhi variabel keputusan pelanggan. Dan dari uji F dapat diketahui bahwa variabel citra merek, iklan dan persepsi berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pelanggan dengan nilai F lebih tinggi dari pada tabel F.
Kata Kunci: periklanan; citra merek; keputusan nasabah; persepsi.