PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28166Abstract
Kinerja merupakan hasil kerja yang dapat di capai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja individu pegawainya. Setiap organisasi akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja pegawai, dengan harapan apa yang menjadi tujuan organisasi akan tercapai.  Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Learning Organization terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif sebanyak 62 responden dengan teknik pengambilan sampel  jenuh. Hasil dari penelitian yang di dapat (1) kepemimpinan, komunikasi dan learning organization secara simultan tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai di dinas perindustrian dan perdagangan provinsi Sulawesi utara. (2) Kepemimpinan berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. SULUT. (3) Komunikasi berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sulut. (4) Learning Organization berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. SULUT. Sebaiknya pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan lebih memperhatikan komunikasi yang baik dan efektif antara pimpinan dan bawahan, menerapkan learning organization kepada semua pegawai agar orgasisasi dapat maju dan berkembang.
Â
Kata Kunci: kepemimpinan, komunikasi, learning Organization, kinerja pegawai.