PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TANJUNG UNCANG DI KOTA BATAM

Authors

  • Nikie Hartadi Universitas Putera Batam
  • Nur Elfi Husda Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29412

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tanjung Uncang di Kota Batam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu jumlah total yang diambil dari 218 responden. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan PT Tanjung Uncang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji kualitas dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, pengujian analisis regresi linier berganda, dan analisis koefisien determinan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F menggunakan program perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh parsial terhadap kepuasan pelanggan, kualitas layanan memiliki pengaruh parsial terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan bersama-sama memiliki efek simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tanjung Uncang di Kota Batam.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan.

Author Biographies

Nikie Hartadi, Universitas Putera Batam

Program Studi Manajemen

Nur Elfi Husda, Universitas Putera Batam

Program Studi Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01