ANALISIS MARKETING MIX DAN CUSTOMERS RELATIHOSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RM. KIOS BARU MANADO

Authors

  • Thomas Marcell Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S.R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29415

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh marketing mix dan customer relationship management terhadap kepuasan pelanggan di RM. Kios Baru Manado. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin sehingga di dapat sampel dalam penelitian ini berjumlah110 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan marketing mix dan customer relationship management berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, secara parsial marketing mix dan customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi yaitu marketing mix dan customer relationship management memiliki pengaruh sebesar 94,5% terhadap kepuasan pelanggan dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk RM. Kios Baru Manado, hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan mendorong aspek-aspek marketing mix dan customer relationship management.

 

 

Kata Kunci: marketingmix, customers relationship management, kepuasan pelanggan

Author Biographies

Thomas Marcell, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Sjendry S.R. Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01