ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RUMAH KOPI Z MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29416Abstract
Experiental marketing memberikan peluang pada pelanggan untuk memperoleh serangkaian pengalaman atas merek, produk atau jasa yang memberikan cukup informasi untuk melakukan keputusan pembelian. Aspek emosional dan aspek rasional adalah aspek yang ingin dibidik pemasar melalui program ini dan seringkali kedua aspek ini memberikan efek yang luar biasa dalam perusahaan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh tiap-tiap variabel pada experiental marketing, yaitu sense, feel, think, act dan relate terhadap loyalitas pelanggan di Rumah Kopi Z Manado. Dalam penelitian data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 60 responden pelanggan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel sense, feel, dan relate berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel think dan act tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan sense, feel, think, act, dan relate berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Rumah kopi Z sebaiknya perlu untuk meningkatan pelayanan seperti menyapa konsumen saat tiba dan akan pulang serta kecepatan dalam mengantarkan menu dan memberikan pesanan, memperbaiki cita rasa produk yang ditawarkan dan Menambahkan porsi makanan dan minuman.
Â
Kata Kunci: experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate), loyalitas pelanggann