FENOMENA KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKOPEDIA DI KOTA MANADO

Authors

  • Kania Puirih Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P. K. Lengkong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30237

Abstract

Jual Beli Online adalah Suatu kegiatan Jual Beli dimana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu untuk melakukan negosiasi dan transaksi dan komunikasi yang digunakan oleh penjual dan pembeli bisa melalui alat komunikasi seperti chat, telfon, sms dan sebagainya. Saat krisis pandemi, konsumen mengubah perilakunya menjadi mode bertahan hidup dan lebih konservatif. Konsumen menjadi lebih berhati-hati dan lebih ingin untuk berada di dalam rumah dari pada keluar untuk melakukan konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian dan Penggunaan Media Sosial terhadap Kepuasan Konsumen, untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Konsumen, untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Konsumen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, media sosial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, keputusan Pembelian dan Penggunaan Media Sosial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.

 

Kata kunci: keputusan pembelian, media social, kepuasan konsumen.

Author Biographies

Kania Puirih, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakulas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Victor P. K. Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01