PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN PEMASARAN WISATA DANAU LINOW DI KOTA TOMOHON

Authors

  • Jurista K. Lontoh Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Raymond Ch. Kawet Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30435

Abstract

Abstrak: Strategi promosi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang secara finansial lebih efisien dan praktis contohnya adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Wikipedia. Pada masa dewasa ini, media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet yang juga diharapkan dapat berkunjung ke tempat wisata Danau Linow Resort dan Restaurant adalah Facebook dan Instagram. Media sosial Facebook dan Instagram inilah yang menjadi modal utama perusahaan tersebut untuk dengan kreatif menarik minat banyak pengunjung untuk datang ke Danau Linow Resort dan Restaurant tersebut. Aktivitas bermedia sosial yang kerap dilakukan adalah mengunggah foto-foto serta video yang berkaitan dengan tempat tersebut. Konsistensi pengunggahan data-data tersebut juga dapat dikatakan sebagai cara yang efektif untuk  Danau Linow Resort dan Restaurant tetap up to date atau happening di kalangan masyarakat luas. Selain itu, konsistensi tersebut juga yang membantu pihak perusahaan untuk tetap stabil bahkan meningkatkan angka ke pengunjungan tempat wisata serta pembelian produk-produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan media sosial dalam pengembangan pemasaran tempat wisata di Danau Linow. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa Danau Linow Resort dan Restaurant telah memanfaatkan media sosial (Instagram, Facebook, Youtube, dan Wikipedia/Google) sebagai alat pemasaran produk dengan baik, sehingga angka penjualan dan pengunjung dapat meningkat dari waktu ke waktu. Danau Linow Resort dan Restaurant telah melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dengan sangat efektif dan efisien sehingga media sosial yang digunakan dapat berdampak positif dan tergolong maksimal.

 

Kata Kunci: media sosial, strategi promosi, pengembangan pemasaran

Author Biographies

Jurista K. Lontoh, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Raymond Ch. Kawet, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01