PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Laras Japhar Universitas Sam Ratulangi
  • Marjam Mangantar Universitas Sam Ratulangi
  • Dedy N. Baramuli Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30773

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap nilai perusahaan pada periode penelitian tahun 2014-2018. Dalam penelitian ini faktor internal perusahaan yaitu Profitabilitas (ROA) dan Struktur Modal (CAR). Sedangkan faktor eksternal perusahaan yaitu Suku Bunga dan Inflasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis dengan alat bantu SPSS 22. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Dari 20 perusahaan yang membagikan annual report selama 4 tahun berturut-turut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, CAR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, Suku Bunga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci : Nilai Perusahaan, ROA, CAR, Suku Bunga, Inflasi.

Author Biographies

Laras Japhar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Binsis, Jurusan Manajemen

Marjam Mangantar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Dedy N. Baramuli, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-16