PKM PRODUSEN RUMAH PANGGUNG DI KELURAHAN TARA-TARA TIGA KECAMATAN TOMOHON BARAT KOTA TOMOHON

Authors

  • Jane G. Poluan Universitas Sam Ratulangi
  • Merlyn M. Karuntu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31589

Abstract

Perkembangan dunia bisnis era industri 4.0 saat ini menuntut pelaku bisnis untuk semakin peka dan inovatif dalam membuat strategi bisnisnya. Persaingan di bidang bisnis yang sama dan pesatnya kemajuan teknologi informasi mengharuskan mereka untuk cepat beradaptasi. Kurangnya keterampilan dan pengetahuan akan teknologi akan membuat pelaku usaha tertinggal dibandingkan dengan pesaing yang ada. Oleh karena itu, upaya-upaya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan akan teknologi dan informasi perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis. Adapun pelaku bisnis yang dimaksud yakni produsen rumah panggung khas Sulawesi Utara yang berada di Kelurahan Tara-tara Tiga Kecamatan Tomohon Barat Provinsi Sulawesi Utara dimana mereka memiliki kendala dalam pemanfaatan teknologi. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam hal teknologi internet membuat mereka kurang optimal dalam menghasilkan produk rumah panggung yang inovatif dan diminati konsumen. Aspek pemasaran dan aspek produksi menjadi dua hal yang sulit dioptimalkan sehingga berdampak pada omset yang diperoleh mitra. Oleh karena itu, PKM ini berusaha memberikan solusi atas permasalahan mitra tersebut dengan memberikan pelatihan mengenai pentingnya teknologi internet untuk menunjang kegiatan pemasaran mitra. Target dari pelatihan diharapkan mitra bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi mengenai cara mengakses internet melalui program-program atau aplikasi online, cara membuat akun media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk rumah panggung sampai ke luar negeri serta membuat website bisnis rumah panggung. Di samping itu juga, mitra bisa mencari informasi tambahan mengenai proses pembuatan rumah berbahan dasar kayu terkini yang bisa mengoptimalkan proses produksi rumah panggung yang dipasarkan oleh mitra. Dan sasaran khalayak dalam PKM ini adalah masyarakat yang produktif secara ekonomi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Selanjutnya melalui kegiatan PKM ini diharapkan setelah para produsen rumah panggung di Kelurahan Tara-Tara Tiga memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penggunaan teknologi internet mereka bias mengimplementasikan apa yang diperoleh lewat PKM ini saat bekerja sehingga bisa membantu mereka mengoptimalkan kegiatan pemasaran bahkan memaksimalkan keuntungan dari penjualan rumah panggung.

 

Kata kunci: rumah panggung, teknologi internet, toko virtual

Author Biographies

Jane G. Poluan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jursuan Manajemen

Merlyn M. Karuntu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-12-23