PENGARUH KOMUNIKASI, KONFLIK, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.33004Abstract
Komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain. Dengan adanya komunikasi antar pegawai yang efektif, akan membuat pegawai nyaman dalam bekerja sehingga dapat mengurangi konflik pada pegawai. Lingkungan kerja yang baik akan memberikan kontribusi pada kinerja pegawai dalam bekerja.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi, konflik, dan lingkungan kerja secara simultan dan parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, dengan jumlah sampel 67 orang. Ada 67 kuesioner yang disebarkan, tetapi hanya 50 kuesioner yang dikembalikan dan diisi lengkap serta layak untuk dianalisis lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh komunikasi, konflik, dan lingkungan kerja secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung. Diharapkan pimpinan dapat terus menjaga dan meningkatkan komunikasi yang baik dengan pegawai, yang dapat dilakukan pimpinan dengan cara tetap memberlakukan setiap peraturan kepada semua pegawai. Diharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung selalu berusaha untuk mengendalikan konflik yang terjadi pada pegawai, yaitu dengan memberikan solusi setiap permasalahan yang terjadi pada pegawai.
Â
Kata Kunci: komunikasi, konflik, lingkungan kerja, kinerja pegawai