BAURAN PEMASARAN JASA PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP ORANG TUA MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • Judhistira Baso Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3380

Abstract

Pemilihan perguruan tinggi dan  program  studi yang tepat dan memiliki reputasi yang baik saat ini merupakan suatu  trend yang terjadi  pada masyarakat Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat meskipun memiliki reputasi tinggi akan tetapi tetap berupaya agar  menjadi pilihan utama calon mahasiswa untuk studi. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari Kurniawati (2013) yang menguji pengaruh dari bauran pemasaran tambahan seperti: orang, proses, dan pelayanan, Pengaruhnya secara simultan maupun parsial sikap orang tua mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Metode penelitian adalah asosiatif, bertujuan untuk menguji hubungan antar variabel, populasi pada penelitian ini adalah 4087 sampel yang digunakan 98 responden. Hasil analisis, proses dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap sikap orang tua mahasiswa, orang berpengaruh secara parsial terhadap sikap orang tua, proses tidak berpengaruh secara parsial terhadap sikap orang tua, Sebaiknya pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis selalu berusaha untuk memberikan kepuasan dan tanggap terhadap kebutuhan mahasiswa atau orang tua mahasiswa dan menggunakan karyawan yang terampil dan profesional agar pelayanan yang di berikan dapat memenuhi harapan para orang tua mahasiswa.

Kata kunci: bauran pemasaran jasa, keputusan memilih

Author Biography

Judhistira Baso, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2013-11-25