Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Caritas Market Gunungsitoli)

Authors

  • Martinus Gea Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33857

Abstract

Abstrak : Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat. Sektor ritel dan perbelanjaan menunjukkan perkembangan yang signifikan serta memberikan konstribusi positif dalam pemulihan perekonomian Indonesia. Caritas Market Gunungsitoli merupakan minimarket yang menyediakan hampir seluruh kebutuhan pokok bagi manusia, sudah pasti dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggannya. Jadi dalam menjalankan tugas atau fungsinya, minimarket ini menyediakan bagian pelayanan pelanggan yang bertanggungjawab untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik agar pelanggan merasa puas. Dalam hal ini minimarket Caritas Market Gunungsitoli mempunyai sistem pelayanan dan strategi pemasaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini populasinya tidak terbatas, sehingga jumlah sampel ditentukan sebesar 150 responden. Kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari F hitung sebesar 28,728 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05

 

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen

 

Abstract : Economic growth in Indonesia has developed and progressed quite rapidly. The retail and shopping sectors have shown significant developments and have contributed positively to the recovery of the Indonesian economy. Caritas Market Gunungsitoli is a minimarket that provides almost all basic needs for humans. It is definitely demanded to be able to provide good service to its customers. So in carrying out its duties or functions, this minimarket provides a customer service department that is responsible for providing good quality service so that customers feel satisfied. In this case, the Caritas Market Gunungsitoli minimarket has a service system and a marketing strategy. The technique used in this research is purposive sampling. In this study the population is not limited, so the number of samples is determined to be 150 respondents. Service quality and price perception have a simultaneous effect on customer satisfaction. This is evidenced by the F count of 28.728 with a significance value of 0.000 <0.05

 

Keywords: Service Quality, Price Perception, Customer Satisfaction

 

Downloads

Published

2021-04-19