SIKAP DAN BUDAYA TERHADAP DAYA TARIK OBJEK WISATA DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3403Abstract
Industri pariwisata menjadi primadona di berbagai negara karena banyak bergantung pada pariwisata mengingat industri  ini menjadi sumber pendapatan melalui pajak dan devisa yang dibawah oleh para wisatawan. Oleh karena itu, pengembangan industri pariwisata menjadi salah satu strategi yang dipakai oleh organisasi non-pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata. Untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non lokal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dan budaya baik secara simultan dan parsial terhadap perilaku wisatawan dalam memilih objek wisata di Kota Manado. Metode penelitian asosiatif dengan tujuan untuk melihat hubungan antara variable. populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestic yang berkunjung ke objek wisata di Kota Manado. Pemilihan sampel menggunakan Convinience Sampling Method, sampel dalam penelitian ini di ambil sebanyak 120 responden. Penelitian  menggunakan analisa regresi berganda, hasil penelitian diperoleh bahwa sikap dan budaya secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku wisatawan dalam memilih objek wisata di Kota Manado.
Â
Kata kunci: sikap, budaya, perilaku wisatawan memilih