GREEN MARKETING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI MINAT MEMBELI PRODUK ORGANIK DI FRESHMART KOTA MANADO

Authors

  • Asrianto Balawera Jurusan Manajemen

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3421

Abstract

Pemasaran hijau (Green marketing) menjadi tren diberbagai negara. Kecenderungan pergeseran pola konsumsi konsumen dari mengkonsumsi produk konvensional ke produk organik telah menjadi sebuah fenomena menarik dewasa ini. Perkembangan pemasaran hijau dikota Manado Khusunya di Freshmart Bahu Mall berjalan lambat meskipun memilki potensi. Hal terlihat pada peningkatan pola konsumsi masyarakat terhadap produk yang ramah lingkungan. Pergeseran pola hidup back to nature, telah menjadi pilihan yang bijak untuk memenuhi gaya hidup sehat. Dalam penelitian ini metode analisi jalur (Path Analysis). Populasi yang diambil dari konsumen pengguna produk organik adalah sebanyak 110 orang. Hasil penelitian menunjukan pengaruh green marketing terhadap minat beli konsumen tidak signifikan karena dipicu mahalnya harga dan minat beli konsumen yang masih belum sadar akan pentingnya pola hidup sehat melalui produk organik yang ramah lingkungan. Demikian juga dengan hal tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Resposibility). Dimana tanggung jawab perusahaan mempengruhi minat beli konsumen agar dapat memberikan kontribusi positif dalam kepuasan konsumen untuk membeli produk organik yang ramah lingkangan.

 

Kata kunci: pemasaran hijau, corporate social responsibility, minat beli dan keputusan Pembelian.

Author Biography

Asrianto Balawera, Jurusan Manajemen

Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2013-12-05