ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA GOJEK DAN GRAB TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • Joshua F. H. Soge Universitas Sam Ratulangi
  • James D. D. Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W. J. Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34675

Abstract

Bertambahnya jumlah penduduk di setiap negara membuat transportasi menjadi kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi dalam kehidupan manusia, bahkan saat ini transportasi menjadi salah satu hal yang dapat menopang perekonomian di seluruh dunia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu dari 11 fakultas yang ada di Universitas Sam Ratulangi Manado. Dengan berbagai aktifitas mahasiswa FEB mulai dari perkuliahan, bepergian maupun membeli berbagai perlengkapan akademik dan kebutuhan hidup lainnya, kehadiran gojek dan grab ternyata memberikan pengaruh positif di kalangan mahasiswa FEB karena memudahkan aktifitas mereka. Gojek dan grab menjadi transportasi alternatif di kalangan mahasiswa FEB dalam memenuhi kebutuhan yang tentunya sulit didapatkan dari transportasi konvesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tiap variabel yang diteliti berpengaruh secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Angkatan 2016 yang pernah menggunakan kedua jasa transportasi online gojek dan grab khususnya layanan go-ride dan grabbike. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 377 mahasiswa jurusan manajemen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, variabel bebas (X1) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel bebas (X2) harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan dan harga gojek dan grab berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen.

Author Biographies

Joshua F. H. Soge, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

James D. D. Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Imelda W. J. Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18