KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMRT SINDULANG MANADO

Authors

  • Dewanty Putri Ramadhany Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce S.L.H.V. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Woran Djemly Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34758

Abstract

PT. Sumber Alfaria Trijaya merupakan perusahaan yang beroperasi di bisnis riteil yang dikenal dengan Alfamart. Alfamart adalah sebuah minimarket yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau hampir di setiap Kota di Indonesia, salah satunya di Sindulang Manado. Semakin ketatnya persaingan bisnis riteil, sehingga banyak perusahaan yang menawarkan barang dan jasa maka konsumen memiliki cukup banyak pilihan, dengan demikian semakin besar kekuatan tawar menawar konsumen. Maka karena itu, perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan dan keinginan dari konsumen, kemudian berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dan memperhatikan bauran pemasaran sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan bauran pemasaran secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Sindulang Manado. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan Alfamart Sindulang Manado dengan menggunakan teknik accedental sampling. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan bauran pemasaran berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Sindulang Manado. Sebaiknya pihak manajemen Alfamart Sindulang Manado perlu meningkatkan nilai kualitas jasa pelayanan dan memperhatikan strategi bauran pemasarannya sehingga masyarakat tidak berpaling ke tempat lain dan tetap memutuskan untuk membeli di Alfamart Sindulang Manado. Perusahaan perlu meningkatkan pelayanan yang berkualitas, terutama mengenai masalah kecepatan penanganan dan keluhan para pelanggan.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, bauran pemasaran, keputusan pembelian

Author Biographies

Dewanty Putri Ramadhany, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce S.L.H.V. Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Woran Djemly, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18