ANALISIS PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI DI TIKALA SHIATZU MANADO)

Authors

  • Merna Tumanung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Fatah Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Lokasi dan Kualitas Layanan terhadap loyalitas Konsumen Dengan adanya perkembangan pesat dalam dunia usaha juga memberikan gambaran tentang kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat, kesejahteraan yang meningkat ini akan berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat. Tetapi pada sisi lain perkembangan itu menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat pada dunia usaha. Setiap jenis usaha yang pada mulanya memiliki pangsa pasar yang besar, serta daerah pemasaran yang luas, kini dituntut untuk bekerja lebih efisien dan efektif. Hal ini dilakukan untuk memperoleh pelanggan yang loyal, sehingga meraih keunggulan pasar yang kompetitif. Responden dalam penelitian ini adalah para konsumen di Tikala Shiatzu Kota Manado. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berganda dengan data diperoleh   menggunakan metode kuantitatif yaitu survei menggunakan media kuesioner dengan teknik yaitu convenience sampling. Jumlah lemabaran kuesioner yang dianalisis sebesar 36 lembar kuesioner.  Hasil Uji-F didapatkan nilai F-hitung yaitu = 3,430. Apabila dibandingkan dengan F-tabel pada tingkat kepercayaan 90% dan α = 0,05 yaitu 3,260 maka F hitung = 3,430 > Ftabel = 3,260 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Variabel X1 : Citra Merek dan Variabel X2 = Harga terhadap variabel Y = Loyalitas Konsumen di Tikala Shiatzu Kota Manado. Koefisien Determinasi (KD) = (R2) = 2,60x 100% = 26%. Dapat diambil kesimpulan bahwa besarnya pengaruh Variabel X1 = Citra Merek dan Variabel X2 = Harga  terhadap variabel Y  Loyalitas Konsumen di Tikala Shiatzu Kota Mando sebesar 26% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: lokasi, kualitas layanan, loyalitas konsumen

Author Biography

Merna Tumanung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Fatah Manado

Program Studi Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18