PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TOKO TRICOMSEL GUNUNGSITOLI

Authors

  • Desman Serius Nazara Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35613

Abstract

Abstrak: Periklanan merupakan bagian dari promosi yang tujuannya antara lain untuk memperkenalkan produk baru, membujuk, menciptakan kesan dan memberi informasi, dengan periklanan yang tepat maka akan tercapai suatu hasil yang diharapkan dan nantinya dapat mempengaruhi tingkat volume penjualan. Penelitian ini dilakukan di toko Tricomsel yang berada di Jalan Sirao No. 101  Gunungsitoli. Penulis memilih jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Kuantitatif adalah menggunakan pendekatan etik, dalam arti bahwa penelitian mengumpulkan data dengan menetapkan terlebih dahulu konsep sebagai variabel-variabel yang berhubungan dari teori yang sudah ada yang dipilih oleh peneliti. Selanjutnya sampel secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari populasi yang menjadi sumber data yang sebenarnya dalam suatu penelitian  atau dengan kata lain sifat sampel harus mewakili seluruh populasi yang ada. Karena populasi kurang dari 100 orang, maka peneliti mengambil semua populasi tersebut yang berjumlah 17 orang. Teknik  pengumpulan data yaitu Quesioner (angket) dimana teknik analisa data yang digunakan adalah : uji validitas data dengan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas penelitian, dan uji hipotesis melalui regresi sederhana dan uji T. Dari penelitian yang dilakukan penulis, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh periklanan dalam meningkatkan volume penjualan sangat  berpengaruh positif pada usaha toko tricomsel dan kedua variabel berada pada hubungan yang sangat erat yakni 1,00. Toko tricomsel pada khususnya supaya meningkatkan promosi melalui iklan dimana disekitar toko tricomsel terdapat banyak persaingan yang menjual barang yang sama sehingga tingkat volume penjualan dapat meningkat dan mendapatkan laba sesuai yang diharapkan.

Kata kunci: periklanan, volume penjualan

Abstract: Advertising is part of a promotion whose objectives include introducing new products, persuading, creating an impression and providing information, with the right advertising it will achieve an expected result and can later affect the level of sales volume. This research was conducted at the Tricomsel store located at Jalan Sirao No. 101 Gunungsitoli. The author chooses the type of quantitative research with descriptive method. Quantitative is to use an ethical approach, in the sense that the research collects data by first determining the concept as related variables from the existing theory chosen by the researcher. Furthermore, the sample can simply be interpreted as part of the population which is the actual source of data in a study or in other words the nature of the sample must represent the entire existing population. Because the population is less than 100 people, the researchers took all 17 people from the population. The data collection technique is a questionnaire (questionnaire) where the data analysis techniques used are: data validity test with product moment correlation formula, research reliability test, and hypothesis testing through simple regression and T test. From the research conducted by the author, it can be concluded that the effect of advertising in increasing sales volume has a very positive effect on the Tricomsel store business and the two variables are in a very close relationship, namely 1.00. Tricomsel store in particular to increase promotion through advertising where around the tricomsel store there is a lot of competition selling the same goods so that the level of sales volume can increase and get the expected profit.

Keywords: advertising, sales volume

Downloads

Published

2021-09-18