ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN IKAN KERING PADA UMKM TOKO 48 PASAR BERSEHATI MANADO

Authors

  • Nabilla S. Beu Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty L. Samadi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35821

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan yaitu keuntungan atau memperoleh laba. Dengan cara meningkatkan produk yang distribusikan oleh suatu bisnis usaha. Dan salah satu strategi bauran pemasaran yang paling umum dalam konsiderasi suatu bisnis adalah strategi bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis strategi bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jenis penlitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bertujuan untuk menggambarkan keadaan di lapangan. Pengambilan data 21 informan dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel pemilik, beberapa karyawan dan beberapa konsumen. Hasil menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran memiliki peranan penting dalam peningkatan penjualan produk Ikan Kering Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Meski belum sepenuhnya memahami mengenai strategi bauran pemasaran, bauran pemasaran secara alami telah mengambil bagian penting dalam penjualan ikan kering Toko 48. Untuk kedepannya, pemilik akan menggunakan strategi pemasaran ini untuk meningkatkan penjualan di masa yang akan datang.

 

Kata Kunci:  bauran pemasaran, strategi pemasaran, Toko 48, produk, harga, tempat, promosi, penjualan

Author Biographies

Nabilla S. Beu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Silcyljeova Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Reitty L. Samadi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18