ANALISIS INFORMATION SHARING PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL MANADO

Authors

  • Friliandy I. Tumundo Universitas Sam Ratulangi
  • Jacky S.B. Sumarauw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35825

Abstract

Penyaluran informasi adalah salah satu elemen terpenting dalam menjalankan suatu kegiatan bisnis atau usaha. Informasi merupakan kunci dari berjalan dengan baik atau tidaknya suatu kegiatan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis information sharing PT. Pegadaian (Persero) Kanwil Manado, Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari observasi dan hasil wawancara secara mendalam dengan berbagai narasumber. Jumlah informan sebanyak 3 orang. PT. Pegadaian (Persero) Kanwil Manado bergerak dibidang layanan gadai dan pinjaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan information sharing PT. Pegadaian (Persero) Kanwil Manado telah berjalan dengan baik ditinjau dari indikator Scope, yang terbukti telah sesuai dengan target, tujuan dan dapat dipertanggung jawabkan. Impact, sudah memberikan dampak dan manfaat bagi nasabah dan calon nasabah untuk mengatasi permasalahan. Ukuran dan penggunaan sudah dijalankan sesuai prosedur dan sesuai dengan prinsip perusahaan yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Responsif, Independen dan Berkeadilan. Keterbukaan, sudah dilaksanakan secara Transparansi dan Akuntabilitas, untuk itu semua informasi yang ada dapat diakses oleh semua nasabah ataupun calon nasabah dan dapat di pertanggung jawabkan. Arus informasi, sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ditentukan. Kualitas informasi, sudah secara konsisten dan dapat memenuhi persyaratan juga harapan dari penerima informasi yang membutuhkan informasi tersebut. Namun masih ada indikator yang belum terpenuhi yaitu, indikator kompleksitas. kendala yang dihadapi oleh perusahaan dan nasabah dalam hal pendistribusian informasi tersebut karena media online yang digunakan sehingga gangguan jaringan merupakan penghambat dalam pembagian informasi dan menyebabkan informasi mengenai produk baru yang ada di PT. Pegadaian tidak diketahui oleh masyarakat.

 

Kata Kunci: Information sharing, manajemen operasional

Author Biographies

Friliandy I. Tumundo, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Jacky S.B. Sumarauw, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18