ANALISIS KOMPARASI KUALITAS PELAYANAN DI INDOMARET DAN ALFAMART TELING ATAS KOTA MANADO

Authors

  • Engelina Ester Suawa Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce. S.L.H. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara bukti fisik, empati, daya tanggap, keandalan, dan jaminan di Indomaret dan Alfamart Teling Atas Kota Manado. Pengukuran kualitas pelayanan terhadap kedua objek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Tjiptono yang di dalamnya terdapat 5 dimensi yaitu bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap, dan jaminan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Indomaret dan Alfamart Teling Atas Kota Manado. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. adalah 77 orang di Indomaret Teling Atas Kota Manado dan 77 orang di Alfamart Teling Atas Kota Manado. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji dengan menggunakan analisis uji beda. Hasil penellitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara bukti fisik, empati, daya tanggap, keandalan, dan jaminan di Indomaret dan Alfamart Teling Atas Kota Manado, Indomaret Teling Atas Kota Manado perlu mempertahankan kualitas pelayanan yang ditetapkan oleh perusahaan agar pelanggan merasa nyaman dan terus melakukan pembelian. Indomaret Teling Atas Kota Manado sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

 

 

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, indomaret, alfamart

Author Biographies

Engelina Ester Suawa, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce. S.L.H. Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Yunita Mandagie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18