PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ERA NEW NORMAL PADA STARBUCKS MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Mishella M. Tandra Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi
  • Mirah H. Rogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36182

Abstract

Melihat perkembangan perusahaan yang bergerak dibidang food and beverage di Indonesia yang semakin meningkat, produsen mulai mencari inovasi agar dapat memenuhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di era new normal pada Starbucks Manado Town Square. Penelitian ini merupakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji secara parsial diperoleh kualitas produk tidak berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen, serta uji secara simultan diperoleh kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen Starbucks Manado Town Square.

 

Kata Kunci: Pemasaran, kualitas, produk, pelayanan, kepuasan konsumen

Author Biographies

Mishella M. Tandra, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Bode Lumanauw, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Mirah H. Rogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-10-08