ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UMKM RM. SOLIDEO KAWASAN BAHU MALL MANADO

Authors

  • Atikah Zahrah Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Marjam Mangantar Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36216

Abstract

Elemen yang ada di dalam bauran pemasaran merupakan faktor yang penting yang dapat mempengaruhi faktor internal dan eksternal dari suatu bisnis. Oleh karena itu, penerapan bauran pemasaran dalam suatu bisnis mendukung adanya pengaruh dalam volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat analisis marketing mix terhadap volume penjualan pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Dalam perusahaan maupun organisasi, tujuan dari pemasaran adalah untuk menaikkan volume dari penjualan produk yang menguntungkan dalam arti dapat menghasilkan pendapatan secara optimal dan meningkatkan keuntungan. Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi yang dijalankan perusahaan, yang berkaitan dengan penentuan bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produk pada segmen pasar tertentu yang merupakan sasaran pasarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan menggambarkan keadaan di lapangan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel pemilik, beberapa karyawan dan beberapa konsumen RM. Solideo Bahu Mall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing mix berpengaruh dalam peningkatan jumlah volume penjualan RM. Solideo. Menjalankan bisnis rumah makan akan sangat bergantung pada volume penjualan yang dapat dicapai tiap harinya. Marketing mix yang sudah dianalisa ternyata memiliki begitu banyak pengaruh langsung terhadap daya tarik konsumen terhadap suatu produk yang ingin mereka beli, dimana hal ini merupakan hal utama dalam jumlah volume penjualan.RM. Solideo secara alami sudah mempertimbangkan semua unsur marketing mix dalam memberikan yang terbaik bagi konsumen, yang membawa RM. Solideo pada peningkatan volume penjualan, dan akan mengusahakan perkembangan marketing mix di waktu yang akan datang.

 

Kata kunci: Marketing Mix, Volume Penjualan.

Author Biographies

Atikah Zahrah, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Marjam Mangantar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-10-11