PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. AKE MAUMBI

Authors

  • Tirta I. Manoy Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Rotinsulu J. Jorie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36231

Abstract

Keputusan konsumen untuk membeli produk dipengaruhi persepsi yang dimiliki terhadap produk yang akan dibelinya. Persepsi tersebut meliputi bentuk, warna, rasa, kemasan, kualitas produk, harga, dan distribusi produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV Ake Maumbi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada CV Ake Maumbi. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 63 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada CV Ake Maumbi. CV Ake Maumbi meningkatkan dan tetap menjaga kualitas produk disaat mulai bermunculan pesaing baru sejenis sehingga dapat menyakinkan dan memberikan bukti bahwa persepsi pelanggan sesuai yang diharapkan. Selain itu juga perlu menjaga terjaminnya kualitas rasa, warna, dan kebersihan dari air Ake.

 

Kata Kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian

Author Biographies

Tirta I. Manoy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Rotinsulu J. Jorie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-10-12