PENGARUH INFLASI, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN RATIO AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR PERIODE 2015-2018

Authors

  • Anggelia B. Nursalim Universitas Sam Ratulangi
  • Paulina Van Rate Universitas Sam Ratulangi
  • Dedy N. Baramuli Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36403

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi setiap investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan, dan selalu dikaitkan dengan harga saham, dimana harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Profitabilitas, Solvabilitas dan Rasio Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan sektor manufaktur periode 2015-2018. Sampel berjumlah 21 Perusahaan dengan menggunakan metode Purposive sampling, Alat analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Inflasi dan Rasio Aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan sedangkan Profitabilitas, Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan secara stimultan Inflasi, Profitabilitas, Solvabilitas dan Rasio Aktivitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dalam upaya meningkatkan nilai Perusahaannya, Perusahaan harus memperhatikan apa saja keputusan yang tepat dalam menjalankan strateginya untuk meningkatkan nilai Perusahaan.

 

Kata Kunci: Inflasi, profitabilitas, solvabilitas, rasio aktivitas, nilai perusahaan

Author Biographies

Anggelia B. Nursalim, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Paulina Van Rate, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Dedy N. Baramuli, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jursuan Manajemen

Downloads

Published

2021-10-16