Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kendaraan Merek Honda di PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli

Authors

  • Cardinal Pranatal Mendrofa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37008

Abstract

Abstrak: Persaingan di dunia pemasaran sepeda motor sangatlah ketat, setiap perusahaan dan agen pemasaran berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya supaya mereka dapat menggunakan kembali serta loyal pada merek sepeda motor tersebut, sehingga tetap memiliki komitmen dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian ulang. Berkaitan dengan kondisi tersebut,  perusahaan harus menciptakan suatu kepercayaan kepada konsumennya. Terdapat suatu teori yang berkaitan dengan kepercayaan tersebut yaitu kepercayaan merek, yang meliputi 3 hal yaitu merek, manfaat merek dan pengukuran kepercayaan merek. Untuk itu maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan pada PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli, dan sampel yang diambil adalah konsumen sepeda motor Honda yang ada dilingkungan Gunungsitoli dalam kurun waktu satu semester terakhir. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan  penelitian di atas adalah analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan merek dan loyalitas konsumen memiliki pengaruh yang sangat signifikan.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Merek dan Loyalitas Konsumen

 

 

Abstract: Competition in the world of motorcycle marketing is very tight, every company and marketing agency tries to provide the best for its consumers so that they can reuse and be loyal to the motorcycle brand, so that they remain committed to making decisions to make repeat purchases. In connection with these conditions, the company must create a trust to its consumers. There is a theory related to this trust, namely brand trust, which includes 3 things, namely brands, brand benefits and measuring brand trust. For this reason, this study aims to analyze empirically the effect of brand trust on consumer loyalty.

This research was conducted at PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli, and the samples taken were consumers of Honda motorcycles in the Gunungsitoli neighborhood within the last one semester. The analytical tool used to answer the research objectives above is a qualitative descriptive analysis. The results of this study indicate that brand trust and consumer loyalty have a very significant influence.

 

Keywords: Brand Trust and Consumer Loyalty.

 

 

 

 

 

 

 

 

Downloads